Tetap Aman Makan Selama Pandemi
Tahukah anda bahwa COVID-19 adalah virus yang hampir mustahil dijangkitkan lewat konsumsi makanan atau minuman? Melalui pernyataan resmi tanggal 7 April 2020 ini, Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah menegaskan ulang bahwa COVID-19 hampir tidak mungkin (sangat kecil kemungkinannya) dijangkitkan melalui konsumsi makanan atau minuman.
 
Namun, kita perlu berhati-hati dalam menangani penerimaan pengiriman makanan dan pembuangan kemasan makanan tersebut. Menurut Dr. Jeffrey Van Wingen dalam video Youtube tentang penanganan pengiriman kemasan makanan.
 
Berikut sedikit tips atau saran mengenai bagaimana sebaiknya kita menangani makanan yang akan kita konsumsi:
 
1. Jaga suhu makanan agar tetap panas atau fresh
Menurut Latimes.com, Virus COVID-19 dapat berhenti beraktivitas dan berpengaruh buruk, ketika dimasak pada suhu internal 56 - 65 derajat Celcius. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menjaga kehangatan makanan melalui alat seperti microwave, oven, kompor, ataupun bain marie, sebelum anda mengkonsumsi makanan tersebut.
 
2. Pindahkan makanan ke piring bersih dan gunakan peralatan makan pribadi
 
Virus COVID-19 dapat dengan mudah menyebar melalui permukaan plastik, besi, ataupun baja. Untuk itu, kita perlu segera memindahkan makanan/minuman ke piring bersih dan menggunakan peralatan makan yang sudah disanitasi. Keamanan juga dapat kita capai dengan cara melakukan sanitasi terhadap permukaan kemasan makanan/minuman, jika memungkinkan. Hindari sentuhan tangan kepada area wajah ketika menangani kemasan makanan/minuman yang belum tersanitasi.
 
3. Buang kemasan makanan sehingga tidak menyentuh meja ataupun permukaan lainnya di kantor/rumah anda
 
Jika anda tidak mempunyai opsi melakukan sanitasi terhadap kemasan makanan, segera pindahkan ke piring, dan buang kemasan tersebut sebelum area permukaan meja anda lebih tersentuh oleh kemasan ini. Segera sanitasi area permukaan meja yang telah bersentuhan dengan kemasan makanan/minuman.
 
4. Cuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik setelah menerima pengiriman makanan dan menyentuh kemasan/packaging makanan
 
Mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik sangat berguna dalam menyingkirkan berbagai macam virus dan bakteri di tangan kita, secara kimia maupun mekanik (melalui gerakan menggosok tangan).
 
5. Silakan konsumsi makanan/minuman anda
 
Sebagai fakta lainnya, makanan dan minuman juga adalah sumber energi dan semangat yang penting bagi manusia.
 
Jika komunitas/perusahaan anda masih harus beraktivitas di kantor selama pandemi, segera pesan makanan untuk anggota komunitas/perusahaan anda di:
 
- Pesan di WhatsApp Hotline MANGAN di 0812-3570-0894
- Pesan di Website: manganfoods.com/order-now
- Pesan di Tokopedia: tokopedia.com/manganfoods
 
Melalui MANGAN, anda dapat memastikan setiap anggota komunitas/perusahaan anda akan menikmati 4.000+ makanan yang bersih, bergizi, dan lezat setiap saatnya, termasuk untuk Sahur ataupun Buka Puasa Bersama.
 
150+ Mitra Resto MANGAN selalu memastikan setiap prosedur, bahan baku, dan pengiriman makanan, berlangsung dengan bersih dan baik. Standar makanan yang kami utamakan adalah HACCP, dimana titik kontak terhadap makanan tersebut selalu menjadi perhatian utama.